Jumat, 07 Januari 2011

Dampak yang di timbulkan facebook bagi mahasiswa

Facebook sebagai jejaring social yang bertujuan untuk memperluas hubungan pertemanan atau sahabat dari berbagai tempat termasuk luar negeri, sangat populer dikalangan remaja Indonesia dari SD sampai tingkat universitas sebagian besar mempunyai account facebook dan aktif menggunakannya. Dari memasang status, komentar antar teman, pesan pribadi, pesan antar dinding, upload foto, tag dan lain sebagainya. Hal ini tentu memerlukan waktu dan tidak sedikit waktu dalam sehari di habiskan untuk online di facebook.

Permasalahanpun muncul banyaknya waktu yang dihabiskan mahasiswa untuk bermain facebook menimbulkan pertanyaan. Kapan waktu bagi mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang menumpuk?. Apakah bisa membagi waktu antara mengerjakan tugas dan bermain facebook. Salah-salah tugas diabaikan karena terlalu lama asik bermain facebook.

Dampak- dampak yang bisa di timbulkan facebook sangat kompleks ada yang negative ada pula yang bersifat positif. Sebenarnya tergantung pemakainya saja bagaimana menggunakan fasilitas ini untuk apa karena pada dasarnya facebook adalah aplikasi yang bergantung pada brainwarenya.

Dampak positif facebook antara lain, sebagai media komunikasi ataupun pembelajaran. Facebook bisa digunakan untuk suatu forum para mahasiswa dalam membahas topik-topik perkuliahan jadi facebook sebenarnya bisa membantu tugas-tugas kuliah apabila digunakan dengan benar. Manfaat kedua dari facebook adalah menambah banyak teman dan korelasi, jadi pergaulan sseorang mahasiswa menjadi lebih luas dan kelak bisa berguna dalam mencari pekerjaan sehingga menanggulangi angka pengangguran. Meskipun ini saya akui hanya teori semata pada kenyataannya mungkin tidak ada yang sampai seperti itu menggunakan facebook. Manfaat ketiga facebook sebagai sarana untuk sharing gambar-gambar maupun video kenangan atau masa lalu sehingga hubungan pertemanan tetap terjaga.

Di banding manfaat penggunaan facebook lebih banyak pula dampak negatif facebook. Misalnya bermain facebook membutuhkan waktu yang tentunya apabila sudah ketagihan maka tidak sedikit waktu yang digunakan untuk online facebook. Dampak negative kedua adalah biaya misalkan seseorang bermain facebook salama dua jam diwarnet satu jam menghabiskan tiga ribu rupiah maka sudah jelas pemborosan yang terjadi disini. Apalagi apabila seorang mahasiswa yang hidup di kos tak bisa dibayangkan dampak buruk yang bisa terjadi karenanya. Dampak ketiga adalah salah pergaulan, pergaulan yang terlalu luas di facebook bisa berbahaya bagi para penggunanya. Sudah banyak kasus-kasus yang timbul karena hal ini seperti kawin lari, hamil diluar nikah karena berkenalan di facebook. Dampak keempat juga sangat berbahaya yaitu perdagangan manusia rupanya facebook dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk penjualan manusia seperti penjualan anak, perbudakan, ataupun pelacuran sempat santer beberapa saat dilayar tv tentang pemberitaan hal ini yang mengakibatkan terjadinya kontroversi tentang keberadaan facebook.

kesimpulannya facebook perlu atau tidakbagi mahasiswa tergantung pemakainya di gunakan untuk ap, apabila digunakan dengan baik bisa saja diperlukan tetapi apabila hanya untuk hal-hal negatif atau sesuatu yang tak berguna maupun sia-sia maka sebaiknya penggunaan facebook dikurangi atau bahkan dihebtikan.

perlu diingat bagi para mahasiswa adalah untuk menuntut ilmu dan ilmu tersebut akan digunakan langsung ke masyarakat. jangan salah melangkah para mahasiswa. bergegaslah sambut masa depan dan jangan sia-siakan masa-masa ini.

0 komentar: