Jumat, 07 Januari 2011

Sejarah kehidupan komunitas anak punk di jakarta

Young Offender terbentuk pada tanggal 30 September 1992. Berdirinya Young Offender tidak terlepas dari dua nama penting, Ondy dan Taba. Ondy dan Taba pertama berkenalan saat mereka bertemu di IKJ. Mereka saling mengidentifikasi melalui kaos yang mereka gunakan. Taba yang waktu itu menggunakan kaos Black Flag “Fuck the Police” (nama band punk yang dimotori Sting itu) menarik perhatian Ondy. Perkenalan pun terjadi. Tempat tinggal Ondy berada di daerah Slamet Riadi. Sedangkan Taba bersekolah di SMA 68, yang kebetulan berdekatan dengan tempat Ondy tinggal. Mereka akhirnya sering bertemu di daerah Slamet Riadi.Setelah sering bertemu, Ondy dan Taba bersepakat untuk membentuk kelompok punk Young Offender. Nama Young Ofender diambil dari kaset Punk Disorderly untuk merepresentasikan semangat anak muda yang membangkang, seperti yang dituturkan oleh Taba kepada saya:



”ada satu nama young offender itu mewakili anak-anak muda terus dengan sikapnya yang yang berantakan gitu. Kita pilih tag line dengan nama itu karena di beberapa majalah luar yang kita liat juga, kosmologi anak muda untuk punk rock itu lebih diangkat dibandingkan orang-orang yang punya umur waktu itu. Nah, kita pilih dengan nama young. Terus ada satu lagi, kalo lo liat 1928, Young Java, Young Sumatra yang kayak gitu itu merupakan bentuk-bentuk pergerakan. Kita gak mengklaim kita diri kita punya suatu politis itu, kita gak berkaitan gitu yah. Cuman, sebagai suatu apa, filosofi gerakan anak muda dinyatakan dengan young kemudian kelakuan yang anarkis itu dengan offender kayak gitu”.



Young Offender dibentuk berdasarkan ketertarikan dengan punk rock dan keinginan mereka untuk mengorganisirnya menjadi sesuatu yang dapat mereka lakoni. Selain itu, secara sendiri-sendiri mereka mengalami kesulitan untuk keluar dengan menggunakan atribut punk, karena masyarakat melihat mereka dengan aneh. Sering mereka harus menghadapi ejekan “woi ayam jago” oleh masyarakat. Perkelahian dengan masyarakat awam serta preman kerap terjadi. Membentuk sebuah kelompok menjadi alternatif untuk melindungi diri sendiri.

Dengan resiko besar seperti perkelahian, Young Offender memutuskan untuk menerapkan kaderisasi bagi anak-anak baru yang bergabung dengan kelompok mereka. Kaderisasi berlangsung ketat, seperti Ospek penerimaan mahasiswa baru. Selain itu, mereka secara eksklusif membatasi peredaran kaset atau literatur mengenai punk. Tujuannya agar tidak tejadi kesalahpahaman anggota-anggota Young Offender terhadap filosofi punk itu sendiri.

Kegiatan kelompok ini berpusat di daerah Slamet Riadi, maka mereka dikenal sebagai SLAMER. Beberapa kegiatan mereka lakukan. Misalnya membuat live band, mendirikan Slamer Production untuk mengorganisir acara, dan melakukan march. March merupakan tradisi Young Offender melakukan parade keliling Jakarta dengan berjalan kaki atau naik bis. Sebelum march, mereka bersiap-siap dengan menggunakan dandanan punk mulai dari rambut mohawk, spiky hair, rantai dipakai sebagai kalung, peniti sampai dengan sepatu boots. Kegiatan march mereka biasanya berakhir di stasiun Dukuh Atas untuk minum-minum bir dan nongkrong.

Submision merupakan live band pertama yang terbentuk di bawah payung Young Offender. Band ini didirikan oleh Ondy, Sandi, Feri dan Levi (gitaris band The Fly). Acara pertama yang diadakan oleh Young Offender adalah acara di klub Black Hole. Setelah Submission, di dalam kelompok Young Offender terbentuk band-band seperti: Pistol Aer, The Explosion, Sex Pispot, The Pogo, Wonder Gel dan Punk Tat. Pistol Aer di tahun 1993 dengan memainkan lagu-lagu Sex Pistols seperti “God Save the Quen” menjadi salah satu band berpengaruh di era generasi punk pertama di Jakarta.

Scene Black Hole hanya dapat bertahan selama tahun 1992. Bulan-bulan akhir tahun 1992 menandai pergantian tempat acara musik punk ke Hotspot (pije-pije) Pub&Café. Seruan pamflet yang tersebar di seluruh Jakarta mendorong penggemar musik punk mendatangi tempat ini untuk meramaikan dan menyaksikan acara punk yang dapat dikatakan besar (pada era tersebut). Hotspot disesaki oleh para punks yang ingin menyaksikan band-band lokal. Acara di tempat ini biasanya berlangsung malam Jumat, dari pukul 8 malam sampai dengan 1 dini hari dengan harga tiket 7000 ribu rupiah + soft drink.

Sebuah kelompok payung punk lain, South Sex, pada era Hotspot ini mulai terlihat, dengan Idiots sebagai salah satu bandnya. Belakangan, South Sex tumbuh menjadi salah satu kelompok-tongkrongan punk yang berpengaruh. Selama setahun lebih Hotspot menjadi penanda eksistensi komunitas punk Jakarta generasi pertama. Akhir tahun 1993 atau awal tahun 1994 menjadi masa terakhir bagi keberadaan Hotspot sebagai tempat acara. Di tahun itu, pada sebuah hari minggu, di pelataran stadion mini Lebak Bulus terjadi perkelahian antara anggota kelompok punk dengan preman sekitar. Peristiwa ini mengakibatkan acara musik khusus punk yang diadakan oleh komunitas punk menghilang beberapa waktu lamanya.

Dinamika Generasi Pertama Punk Jakarta

Lahirnya generasi pertama punk Jakarta tidak terlepas dari peran sosialisasi beserta media yang terdapat di dalamnya. Ada beberapa jenis hubungan yang terjadi di dalam periode generasi pertama ini. Udet, salah satu orang yang berpengaruh di Young Offender, menjalin interaksi langsung dengan komunitas punk di Amerika. Selain itu ada beberapa individu yang pernah ke luar negeri. Mereka ini mendapatkan sumber-sumber punk seperti literatur, kaset, majalah dan aksesoris. Individu-individu ini dapat dikategorikan sebagai mereka yang mengalami indirect contact dengan punk luar negeri melalui media seperti karya, rekaman dan legenda.

Ondy pergi keluar negeri dan mendapatkan koleksi-koleksi piringan hitam dan CD terutama genre industrial. Dengan koleksi-koleksi yang dimiliki Ondi dan Dedi, Udet menjalin hubungan pertemanan dan saling tukar-menukar koleksi-koleksi punk. Selain itu, ada Evi seorang perempuan yang memiliki band Punk Tat yang pernah tinggal di Jerman. Dari pengalamannya tinggal di sana, Evi mendapatkan literatur dan kaset band punk Jerman.

Melalui toko-toko kaset klasik seperti Duta Suara di Jalan Sabang, generasi punk pertama ini mendapatkan akses mediated contact melalui kaset karya-karya punk luar negeri. Feri dengan kelompok punk-nya menghabiskan waktunya di daerah yang belakangan menjadi Blok M Plaza yang berseberangan dengan toko kaset Duta Audio. Selain kaset, ada majalah skate board seperti Trasher yang di dalamnya memuat iklan-iklan kaset dan kaos-kaos band punk Amerika seperti Black Flag, Minor Threat, Desecendant dan Dead Kennedys.

Bagi Anti Septic, band-band punk Amerika seperti Dead Kennedys, Black Flag adalah sumber inspirasi. Pengaruh band Amerika ini juga terlihat pada gaya fashion Anti Septic yang mengikuti band-band tersebut: kaos, sepatu vans, kepala botak dan rambut cepak. Sedangkan Young Offender mengikuti band-band Inggris, seperti The Sex Pistols, Exploited, band-band yang berada di kompilasi Punk and Disorderly seperti The Blitz, Exploited, Abrasive Weel, The Insane, The Mob, dan chaos UK.

Young Offender merupakan kelompok yang pertama tampil sebagai punk dengan gaya dandanan mohawk, spiky hair, kalung rantai dan sepatu boots. Hal penting yang perlu dikemukakan bahwa komunitas yang didominasi oleh laki-laki ini tidak mutlak hanya dijalani oleh laki-laki. Evi dengan bandnya Punk Tat dikenal sebagai band punk perempuan pertama. Selain itu terdapat Wonder Gel, band beranggotakan perempuan yang bergabung dengan kelompok Young Offender.

Interaksi yang berlangsung diantara sesama punk pada periode generasi pertama ini memiliki beberapa ciri khas. Pertama, ada arus pertukaran kaset yang intensif. Fenomena ini dapat dilihat sebagai tape syndicate (sindikasi kaset), dimana proses tukar-menukar kaset terjadi diantara mereka. Kedua, melalui kaos-kaos yang dikenakan, seorang individu punk dapat mengidentifikasi individu punk lainnya. ”Bahasa Kaos” sebagai identitas punk mendorong mereka untuk saling berkenalan. Ketiga, band-band punk generasi pertama masih membawakan lagu-lagu dari band-band luar negeri yang mempengaruhi mereka.

Tahun 1994 mencatat banyaknya perubahan. Setelah kejadian perkelahian diantara anak punk dengan preman di daerah Lebak Bulus, acara-acara musik khusus punk perlahan menurun dan menghilang. Manari, sebuah klub di daerah Gatot Subroto, sempat menjadi alternatif tempat bagi band-band punk bermain musik. Alternatif lain untuk bermain musik adalah dengan tampil pada acara-acara yang diadakan oleh SMA seperti SMA 82 (Kresikars), Pangudi Luhur (PL Fair), SMA 6 (Pamsos) dan universitas-universitas seperti UNAS, Jayabaya, Gunadarma dan ITI.

Perubahan yang memberikan pengaruh besar terhadap keberadaan komunitas punk terjadi saat Young Offender mengalami krisis eksistensial. Setidaknya terdapat tiga faktor yang mendorong terjadinya perubahan di dalam tubuh Young Offender. Pertama, perubahan genre musik yang dibawakan oleh live band yang tergabung dalam kelompok ini. Ondi dengan Submission-nya mulai membawakan lagu-lagu dari Jane’s Addiction dan lagu band industrial seperti Nine Inch Nail (NIN) dan Ministry. Sedangkan Pestol Aer, yang sebelumnya mendominasi panggung dengan lagu-lagu dari Sex Pistols, mengubah genre musik mereka menjadi genre musik britpop dengan meng-cover lagu-lagu dari Oasis. Perubahan jenis genre musik Young Offender ini, terutama Pestol Aer, berdampak pada munculnya komunitas dan scene baru, yaitu Britpop dengan band-band seperti Chapter 69 dan Rumah Sakit. Di lain pihak, perubahan ini mendorong hilangnya pengaruh Young Offender sebagai kelompok yang mendominasi generasi punk pertama di Jakarta.

Perubahan kedua yang dialami Young Offender adalah terjerumusnya beberapa anggotanya dalam penggunaan obat-obat terlarang. Banyak diantara mereka yang mengalami over dosis dan mempengaruhi kesolidan kelompok ini. Ketiga, kaderisasi ketat dilakukan Young Offender justru mendorong mereka yang bersimpati dan ingin bergabung malah meninggalkan mereka dan membentuk kelompok punk sendiri. Perlahan tapi pasti, dominasi Young Offender menghilang.

Perubahan ini menciptakan stagnasi di tengah komunitas punk di Jakarta. Momentum transisi muncul ketika pada tahun 1995 diadakan sebuah acara punk besar yang bertempat di Auditorium Gelanggang Olah Raga (GOR) Bulungan Jakarta Selatan. Setiap punk yang haus akan acara datang untuk meramaikan acara ini.

Acara di GOR Bulungan ini diorganisir oleh South Sex dengan nama ”Apresiasi Musik dan Seni”. Band-band yang bermain adalah The Idiots, Anti Septic, Explosion, The Pogo, Kardus TV dan masih banyak lagi. Proses transisi terpicu dan South Sex menciptakan momentum bagi bergeraknya sejarah punk menuju periode yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan oleh generasi sebelumnya.

Periode Kedua: Terbentuknya Fondasi Ekonomi Punk Jakarta (1996-2001)

Sejarah komunitas Jakarta Punk memasuki periode baru dengan berbagai macam kompleksitas dan dinamikanya tersendiri. Tempat pertunjukkan baru bermunculan. Poster Cafe di daerah Gatot Subroto dan Harley Davidson Cafe di daerah Pulo Mas menjadi tempat acara yang dapat bertahan cukup lama. Selama tahun 1996 – 2001 ini juga terdapat beberapa tempat pertunjukan musik punk di Jakarta seperti GOR Rawa Kambing, Universitas Mercu Buana, Bengkel Bekas, Auditorium Menpora Senayan, Tanah Kosong Brimob Ciputat, UNISMA Bekasi, Auditorium Bulungan, GOR Bendungan Hilir, GOR Pondok Kelapa Kali Malang, GOR Cengkareng, Universitas Budi Luhur. Namun semuanya tidak dapat bertahan lama.

Poster Cafe merupakan tempat yang paling lama bertahan dari tahun 1996 sampai dengan 1999. Poster Cafe, yang berada tepat di Museum Satria Mandala dengan kapasitas 2000 orang, berpuluh-puluh kali menjadi saksi bisu bagi perkembangan periode kedua sejarah punk di Jakarta

Eksistensi Poster tercatat bermula pada 29 September 1996 dengan acara pertama bertema ”Underground Session”, sebuah acara dua mingguan yang tidak hanya diisipunk, tetapi juga berisi berbagai genre musik. Seperti ditulis oleh Wendi Putranto, 10 Maret 1999 menjadi hari kematian Poster Cafe untuk selama-lamanya. Untuk terakhir kalinya diadakan acara musik ”Subnormal Revolution” yang berujung kerusuhan besar antara massa punk dengan warga sekitar. Kerusuhan ini menghancurkan beberapa mobil, memaksa aparat kepolisian dalam membubarkan massa.

Setelah surutnya Young Offender, di daerah Jakarta Timur-Utara-Pusat muncul kelompok yang cukup berpengaruh seperti Subnormal dengan band-band-nya seperti Army Style dan 142 Chaos. Juga muncul kelompok Sid Gank dengan band-nya seperti RGB dan Pinokio. Subnormal dan Sid Gank menjadi pelopor bagi berlangsungnya acara-acara di Harley Davidson Cafe. Cafe yang berkapasitas kurang lebih 200 orang ini memiliki kelebihan yang dapat digunakan pada siang hari ataupun malam hari. Tidak berlangsung lama, tempat acara dipindahkan di lapangan parkir tepat di halaman belakang Cafe. Harley Davidson juga menjadi tempat bagi awal berkembangnya komunitas hardcore dan skinheads di Jakarta.

Perkembangan skinhead di Indonesia secara khusus diteliti oleh Dina Indrasafitri dalam penelitian antropologisnya Sejarah Perkembangan Subkultur Skinhead Serta Keberadaannya di Indonesia: Studi Terhadap Kelompok Distro Warriors Jakarta (2005). Sebuah bagian penting dalam studi ini adalah catatan atas kehadiran Uti, seorang yang diklaim sebagai skinhead pertama di Indonesia. Uti mendapatkan pengetahuan skinhead dari pengalamannya tinggal di luar negeri. Seperti dicatat oleh Dina Indrasafitri, Uti kemudian berinteraksi dengan sekelompok anak punk yaitu ”anak pejaten” yang nantinya menjadi salah satu kelompok pionir komunitas skinhead di Jakarta. Proses sejarah ini menjadi penting karena keterkaitan historis diantara punk dan skinhead begitu kuat

0 komentar: